Let's see

Senin, 21 Februari 2011

Tahu Campur Aduk

Siang-siang bolong paling yahud deh ngebahas makanan.

Nah, makanan yang mau kita bahas kali ini adalah makanan khas Jawa Timur. Kalau menurut Om Wiki begini nih penjelasan singkat soal Si Tahu Campur...

Tahu campur adalah salah satu makanan khas Jawa Timur. Tahu campur terdiri dari sop daging sapi kenyal, tahu goreng, perkedel singkong, taoge segar, selada air segar, mie kuning dan kerupuk udang. Semua ini kemudian dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng dan sambal. Masakan ini banyak dijual di warung kaki lima dengan label "Tahu Campur Lamongan".

Om Wiki ini memang benar... Semalam saya dan beberapa rekan kantor menyempatkan diri  menyantap Si Tahu Campur ini. Isinya seperti yang di sebutkan  Si Om yakni, tahu, daging (campur dengan kikil sepertinya), perkedel singkong, toge, selada dan mie kuning. Hanya saja di warung tahu campur 'sederhana' tempat kami makan tersebut, kerupuk udangnya diganti dengan kerupuk miskin (nama ini berdasarkan keterangan seseorang di samping saya, hihihii). Oh ya, jangan lupa sertakan bumbu petis dan sambal.

Sekarang kita bahas soal rasa, seperti kebanyakan masakan Jawa, Tahu campur juga memiliki rasa yang manis. Bagi pecinta masakan manis menyantap tahu campur tentu bukan masalah. Namun, untuk pecinta masakan pedas, hemmm, tahu  campur ini masih perlu beberapa tambahan untuk dinikmati. Sambal merupakan penyelamat paling dekat untuk menikmati seporsi tahu ini.

Berdasarkan pengalaman saya buat yang tidak terlalu banyak porsi makannya, lebih baik memesan setengah porsi saja atau makan berdua. Sebabbbbb, seporsi tahu campur di warung ini sungguh banyak. Tapi, jika kamu sudah keranjingan justru seporsi tahu campur rasanya kurang. hihihihi... *itu terjadi pada teman saya yang memberi nama kerupuk miskin tadi.

Over all, Tahu Campur menambah deretan kekayaan masakan khas Indonesia. Dengan rasa dan tampilan yang unik tentunya. So, ayo kita jelajahi lagi ragam kuliner nusantara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar