Let's see

Senin, 21 Februari 2011

Soto Kudus, Kok Mangkuknya Kecil Ya!

   Makan-makan lagi... Kali ini saya coba rumah makan soto di deretan Cemerlang Studio Margonda. Yup, namanya Soto Kudus Menara. Sebenarnya tempat makan ini bukanlah resto baru di Margonda malah cenderung penghuni lama, hanya saja saya baru sempat ke sana. Dari luar bangunan resto ini terlihat cukup apik, awalnya saya mengira harganya pasti lumayan mahal. Tapiiii ternyataaa.....STM lah alias standar militer alias ngga terlalu mahal.

   Setelah melihat menu yang disodorkan pelayan, saya pesan ayam bakar, Soto Kudus Menara, dan es teh manis. Tak lama berselang pelayan menyuguhkan piring berisi aneka sate (paru, usus, kerang, telor puyuh), tahu dan tempe bacem serta perkedel. Hmm... menarik, saya langsung ambil satu sate telor puyuh. Rasanya sama seperti sate telor puyuh pada umumnya, hanya saja sepertinya telor ini pun sudah di bacem. Soalnya tidak seperti sate telor puyuh di tukang bubur yang warnanya kuning. Sate ini berwarna kecoklatan, tapi rasanya cukup menyenangkan. 

   Pesanan pun datang, sayang langsung coba sotonya. Rasanya emm... segar, meski porsinya kecil. Ternyata menurut informasi yang saya dapat salah satu ciri khas Soto Kudus memang pada penyajiannya. Soto Kudus biasa disajikan di mangkuk berukuran kecil. Konon kalau tidak disajikan dalam mangkuk kecil artinya itu bukan Soto Kudus asli. Untuk urusan rasa dan bahan-bahan di dalamnya, tidak jauh berbeda dengan soto ayam menurut saya.
   Nah, satu lagi pesanan yang harus saya coba -ayam bakar-. Rasanya ya seperti ayam bakar pada umumnya, hanya sebelumnya sepertinya ayam sudah lama diungkep. Jadi empuk dan bumbunya meresaaaapp. Tapi sebagai penikmat ayam saya agak sedikit kecewa, habis ukuran ayamnya kecil. Sepertinya ayam yang digunakan ayam kampung. Eiitt... ada satu yang istimewa nih di ayam bakar ini, yaitu sambalnya. Hemm... sambal terasinya tidak bau terasi sama sekali (atau jangan-jangan ini bukan sambal terasi lagi, hehe). Pedasnya juga ngga bikin orang kelojotan, cukup menyenangkanlah.
  Oiya, di penghujung acara makan-makan itu saya juga sempat mencoba sate kerangnya. Rasanya enak juga cita rasa manis seperti masakan Jawa pada umumnya. Dan ini nih kadang yang banyak menjadi pertimbangan orang untuk makan, harga. Meski tempatnya cukup nyaman dan tertutup, tapi dari segi harga sangat memuaskan. hehehe...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar